Inilah 3 Tipe Kawat Seling Galvanis dan Fungsinya

Dalam dunia industri yang menggunakan alat-alat berat, tentu sudah tidak asing lagi dengan kawat seling galvanis. Kawat yang memiliki kekuatan sangat baik ini memang banyak sekali diaplikasikan dalam dunia industri. Setiap jenis kawat galvanis diaplikasikan untuk keperluan yang berbeda-beda sesuai dengan tipe dan kekuatannya masing-masing. Lantas, apa saja tipe umum dari kawat galvanis yang digunakan dalam dunia industri?

Ini Dia, 3 Tipe Kawat Seling Galvanis dan Fungsinya

Kawat galvanis terdiri dari 3 tipe yang dibedakan berdasarkan material dan kekuatan dari masing-masing tipe kawat tersebut. Nah, berikut ini adalah ulasan mengenai ketiga jenis kawat seling galvanis tersebut.

  1. Kawat Seling High Performance

Dibandingkan dengan dua tipe kawat galvanis lainnya, kawat seling high performance tentu memiliki kekuatan yang jauh lebih baik. Oleh karena itu, kawat tipe ini banyak diaplikasikan untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat atau extreme.

Dalam dunia industri, kawat galvanis yang satu ini dibutuhkan untuk mengangkat sekaligus menarik beban yang berat. Baik diaplikasikan pada crane-crane besar di perkapalan, industri konstruksi, oil dan gas, serta berbagai industri lain yang menggunakan alat-alat berat.

  1. Kawat Seling Stainless Steel

Sesuai dengan namanya, jenis kawat yang satu ini dibuat dari bahan stainless steel. Namun, kawat tipe ini tidak memungkinkan digunakan untuk mengangkat beban yang sangat berat. Pasalnya, kawat seling stainless steel memiliki kekuatan tarik (WLL) yang cukup rendah.

Maka dari itu, kawat jenis ini tidak direkomendasikan untuk mengangkat beban berat. Biasanya, kawat tipe ini lebih banyak digunakan sebagai dekorasi karena memiliki kilauan yang sangat bagus. Selain itu, kawat seling stainless steel juga cukup bagus jika diaplikasikan sebagai alat ikat atau kait pada lapangan dengan kondisi udara yang rawan korosi.

  1. Kawat Seling General

Kawat seling general menunjukkan bahwa kawat ini adalah yang paling umum digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Kawat ini sangat umum digunakan oleh berbagai macam industri untuk menarik serta mengangkat benda-benda berat. Biasanya, kawat seling general diaplikasikan oleh industri oil dan gas, konstruksi, perkapalan, perikanan, dll.

Nah, itu dia beberapa tipe kawat seling galvanis dan fungsinya masing-masing. Di pasaran, ada banyak sekali jenis kawat galvanis dengan ukuran kekuatan yang berbeda-beda. Setiap penggunaan kawat galvanis harus disesuaikan dengan kekuatan dan fungsinya masing-masing. Untuk kebutuhan berat, maka harus menggunakan kawat galvanis high performance yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan kawat galvanis tipe lainnya.